Diduga Selewengkan Anggaran Miliaran Rupiah, Mahasiswa Minta Polda Sultra Periksa Ketua KONI Butur

indonesiasatu, 20 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BUTON UTARA - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H. Abu Hasan, M.Pd diduga menyelewengkan anggaran bantuan dana hibah bersama  organisasi kepemudaan dan Pramuka yang diberikan oleh pemerintah daerah kurang lebih Rp. 1 miliar.

Untuk itu, mahasiswa Butur sekaligus Ketua Bidang Organisasi KNPI Kecamatan Kulisusu Barat, Muhammad Amang, meminta pihak Polda Sultra agar segera memeriksa Ketua KONI Butur, Abu Hasan. 

Permintaan mahasiswa Butur ini bermula saat Ketua KONI Buton Utara tidak dapat memberikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana tersebut, sehingga hal ini dinilai rawan dan berresiko pada penyalahgunaan keuangan.

Dalam penelusuran selanjutnya, diketahui bahwa pemberian bantuan dana hibah tersebut tidak melalui proposal usulan permohonan dari Organisasi Kepemudaan yang bersangkutan.

Tak hanya itu, Ketua KONI yang juga sebagai Bupati Buton Utara tersebut belum menetapkan Surat Keputusan (SK) penetapan penerima.

"Hal itu dapat diindikasikan sebagai pembiaran penyelewengan anggaran yang diduga dilakukan oleh Ketua KONI, serta berpotensi tidak tepat sasaran," ungkap Muhammad Amang kepada Indonesiasatu.co.id, Kamis, (19/9/2019).

Terkait perhal tersebut, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd juga dinilai telah melakukan pembiaran dengan menggunakan jabatannya sebagai Bupati Butur. 

"Olehnya itu kami meminta kepada Polda Sultra untuk memeriksa Ketua KONI Buton Utara atas dugaan penyelewengan anggaran tersebut, kemudian memanggil Drs. H. Abu Hasan, M.Pd sebagai Bupati Butur atas dugaan penyalahgunaan kewenangan yang berpotensi merugikan keuangan negara/daerah sebesar  satu miliar rupiah," ujarnya mengakhiri. (Santo)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu